Jumat, 02 September 2011

Basic Safety Training (BST)

Bukasanabukasini - Basic Safety Training atau biasa disingkat BST adalah pelatihan dasar untuk keselamatan dan cara untuk mencegah suatu musibah. Pelatihan ini sangat diperlukan bagi kawan - kawan yang berminat atau ingin bekerja di kapal pesiar. Karena BST ini adalah pelatihan dasar yang wajib diikuti. Bukan hanya calon pelaut saja, tapi semua karyawan di perusahaan, termasuk: Trainees & newcomers, semua karyawan, Office Staff, HSE Department, Training & Development, Human Resources Development. Mereka semua tersebut sebenarnya wajib mengikuti BST tersebut. Nah, karena postingan ini ditujukan bagi teman - teman yang ingin berlayar (alias kerja di kapal pesiar), teman - teman wajib mengetahui fungsi dan manfaat yang akan di dapat dalam pelatihan BST. Apa saja yang diberikan dari BST ini?? 

Bukasanabukasini.




Yup,, bertanyaan bagus.. Jadi dari BST kita akan mendapatkan beberapa materi penting tentang keselamatan, cara menanggulangi bencana dll. Untuk materi pelatihannya mulai dari pengenalan peralatan, cara penggunaan hingga cara untuk menyelamatkan nyawa seseorang.Dari materi tersebut,  banyak manfaat yang akan didapat. Manfaatnya antara lain: 
- Menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya keselamatan,
- Meningkatkan kesadaran peserta terhadap pentingnya tindak pencegahan kecelakaan,
- Menggugah kepedulian peserta akan pentingnya penerapan dan nilai K3 dilingkungan kerja,
- Meningkatkan pengetahuan peserta akan upaya pencegahan kecelakaan dilingkungan kerjanya,
- Meningkatkan moral Perusahaan dan karyawan serta mengurangi resiko kerugian bagi Perusahaan.
Untuk durasi pelatihan biasanya ada yang 8 hari bahkan 10 hari, tergantung dari pemberi program itu sendiri. Per hari kita latihan selama 8 jam (08.00 - 16.00). Itu kita lakukan selama 8 hari. 6 hari teori dikelas, dan 2 hari terakhir ujian praktek dan tulis. Untuk biaya BST mulai dari Rp. 1.4juta - Rp. 1.8juta sudah termasuk snack, makan siang dan sertifikat BST. Selain BST ada juga pelatihan yang wajib di ikuti bagi calon pelaut, yaitu SCRB(Survival Craft and Rescue Boat) dan CCM(Crowd and Crisis Management). Semua itu adalah syarat - syarat yang harus dipenuhi jika ingin bekerja di kapal pesiar. Semoga postingan BST ini dapat membantu teman - teman yang berminat bekerja di kapal pesiar. Jika ada yang kurang dari postingan ini, mohon komentarnya. Kami selalu menerima komentar dari teman - teman. Lihat juga postingan kami mengenai kapal pesiar klik disini.
Good Luck!!

3 komentar:

  1. asalamualaikum pak, kalau lulusan smk otomotif bisa tidak mengikuti pendidikan BST?

    BalasHapus
  2. Mohon infonya pak,,,kalo mau masuk kerja di pelabuhan international di tanjung priuk
    Kita harus punya sertifikat apa aja ya?

    BalasHapus

Terima Kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...